-->

Iklan

Pemcam Cikpus Bersama Puskesmas Sukamahi Ajak Masyarakat untuk Hidup Sehat.

Sabtu, 30 Juli 2022, Juli 30, 2022 WIB Last Updated 2022-07-30T03:50:20Z

 

Foto bersama Kasi Trantib Kecamatan Cikpus yang didampingi Kepala Puskesmas Sukamahi, Kader PKK, posyandu dan Posbindu, PSM dan pelajar dari SMK Ananda Mitra Industri Deltamas.

NUSAJABAR.COM, Kabupaten Bekasi - Pemerintah Kecamatan Cikarang Pusat bersama Puskesmas Sukamahi mengajak masyarakat agar hidup sehat. Dengan menggelar acara gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yaitu melakukan aktifitas fisik untuk meningkatkan derajat kesehatan dengan senam sehat. Selain itu acara dilanjutkan dengan Siaga Gizi Mencegah Stunting dan Cegah PTM. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Futsal kecamatan, Jum'at (29/7/2022).

Kasi Trantib Kecamatan Cikarang Pusat yang mewakili Camat mengatakan, agar kita bisa hidup sehat, tentu harus dengan disiplin dalam menjaga kesehatan itu sendiri, dengan asupan gizi cukup dan melakukan aktifitas fisik salah satunya kegiatan hari ini dengan senam sehat. Dan jangan lupa cegah Stunting atau gizi buruk sedini mungkin.

"Ada Tiga Pesan Kunci Cegah Stunting, pertama untuk Ibu Hamil KEK, kedua untuk Orang tua atau pengasuh balita Stunting/Wasting, dan ketiga untuk Lansia," katanya kepada awak media, pada Jum'at (29/7/2022).

Untuk Ibu Hami KEK, katanya lagi, Ibu hamil perlu diperiksa kesehatan kehamilan dan jaga asupan gizi, untuk cegah komplikasi kehamilan sejak dini, sehingga ibu dan janin tetap sehat dan bayi terhindar dari resiko permasalahan gizi, seperti Stunting dan gizi kurang/buruk.

Berarti, Ibu Hamil perlu konsumsi tablet tambah darah (TTD), selama masa kehamilan, Ibu hamil KEK mengkonsumsi tambahan asupan gizi sesuai anjuran tenaga kesehatan (Nakes) dan Kunjungi posyandu untuk konsultasi dengan nakes, mengenai makanan yang bergizi yang dibutuhkan.

Pesan Kunci untuk Orang tua atau pengasuh balita Stunting/Wasting. Pastikan balita ke posyandu tiap bulan, untuk periksa kesehatan. Pantau tumbuh kembang dan status gizi. Dengan menerapkan praktik pemberian makanan bayi dan anak (PMBA) sesuai anjuran tenaga kesehatan, Baduta Stunting dan balita Wasting perlu mengkonsumsi asupan gizi sesuai anjuran tenaga kesehatan, dan Balita akan dirujuk ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut jika diperlukan, kemudian Pesan Kunci untuk Lansia, Lansia perlu cek kesehatan secara rutin di Posbindu atau di Posyandu, agar dapat menikmati masa tua dengan sehat dan produktif. Konsultasikan dengan nakes di posyandu hal-hal yang perlu dilakukan agar lansia dapat menjalani pola hidup sehat dan tetap produktif. Dan Lansia akan dirujuk ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut jika diperlukan.

"Ya, kepada semua kader, baik kader PKK, Posyandu dan PSM jalin kerjasama dan bersinergi baik dengan puskesmas, pihak kecamatan maupun pemerintah desa dalam rangka mewujudkan masyarakat hidup sehat dan cegah Stunting khususnya di wilayah Kecamatan Cikarang Pusat," tandasnya.

Perlu diketahui dalam acara tersebut hadir, Kepala Puskesmas Sukamahi bersama jajarannya, TP PKK Kecamatan dan Desa, Kader Posyandu dan Posbindu, serta para Pelajar dari SMK Ananda Mitra Industri Deltamas. (agsn)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini