-->

Iklan

Herman Hidayat S.M, Terpilih Jadi Ketua FPRB Kecamatan Bojongmangu

Jumat, 07 Oktober 2022, Oktober 07, 2022 WIB Last Updated 2022-10-20T04:32:08Z

 


B1,  Kabupaten Bekasi - Tokoh Pemuda Sukamukti Herman Hidayat terpilih menjadi Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kecamatan Bojongmangu, yang dibentuk oleh Forum PRB Kabupaten Bekasi, yang dilaksanakan di aula Kecamatan Bojongmangu, pada Jum'at (7/10/2022). Pada kegiatan tersebut hadir, Kasi Pemerintahan, Kasi Trantib, Kasubag Umpeg, dan Kasubag perencanaan Kecamatan Bojongmangu, Babinsa, Bhabinkamtibmas, ormas dan lembaga serta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.


Ketua FPRB Kabupaten Bekasi, Tuty Nurcholifah Yasin yang akrab disapa Tuty Yasin menjelaskan, dibentuknya FPRB ini, sudah di atur dalam Undang-Undang 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, oleh karenanya untuk manajemen penanggulangan bencana, FPRB ini fokus dalam pengurangan resiko bencana.


"Perlu diketahui bersama. FPRB ini adalah mitra Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi dan para pengurus yang tergabung di FPRB yaitu perwakilan dari stakeholder," tutur Tuti Yasin.


Tuty Yasin juga menyampaikan, FPRB Kecamatan Bojongmangu dibentuk dan bertujuan ketika nanti terjadi bencana alam, para pengurus sudah siap siaga baik edukasi untuk masyarakat dan atau sarananya.


"Dalam waktu dekat ini, Pengurus FPRB di 23 Kecamatan sudah tebentuk dan kemudian dilanjutkan pembentukan pengurus tingkat Desa dan Kelurahan," terangnya.


Nantinya Sambung Tuty, Para Pengurus FPRB tingkat Kecamatan ini akan memiliki tujuh bidang sesuai bidangnya dan nanti para pengurus tersebut akan menentukan titik-titik penting itu.


Dalam hal ini menurut Tuty Yasin, program yang sudah di buat dalam beberapa program kerja tersebut, salah satunya adalah edukasi ke masyarakat, misalnya cara mengevakuasi diri di rawan bencana, agar jika terjadi bencana tidak lagi bingung, karena sudah tau pointnya.


"Bencana itu bukan hanya Bencana alam, ada bencana non alam itu juga termasuk kategori bencana. Untuk mengurangi resiko bencana itu kita mesti bersama-sama bukan hanya pengurus FPRB, tapi seluruh masyarakat berbagai elemen harus memberi kontribusi untuk mengurangi resikonya ," jelasnya.


Kasubag Umpeg yang mewakili Camat Bojongmangu Agus Saprudin, SE, menuturkan, pihak kecamatan Bojongmangu dalam pembentukan pengurus FPRB sebagai fasilitator, dan nanti Camat Bojongmangu sebagai Pembinanya FPRB.


"Alhamdulillah ada organisasi sosial yang telah terbentuk di wilayah kecamatan bojongmangu, saya ucapkan selamat kepada pengurus, semoga bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat Bojongmangu," ucapnya.


Ditempat yang sama Ketua FPRB Kecamatan Bojongmangu terpilih Herman Hidayat menegaskan, dirinya tidak menyangka akan terpilih menjadi Ketua FPRB Kecamatan Bojongmangu. Tapi ini jelas amanah yang harus diemban, dan tentu saja dalam melaksanakan tugas tidak bisa bekerja sendirian, karena ini merupakan organisasi, yang didalam atau kepengurusannya adalah orang-orang terpilih, dan organisasi ini adalah organisasi sosial untuk membantu masyarakat baik dalam bencana alam maupun bencana non alam.


"Semoga selalu terjaganya kekompakan, kerjasama yang baik, komunikasi, hingga organisasi ini selalu hadir ditengah masyarakat bojongmangu yang siap membantu dengan sukarela, karena bojongmangu juga masuk dalam wilayah rawan bencana, dan insya Alloh FPRB sebagai organisasi sosial ini mendapatkan ridho dari Alloh SWT," tandasnya. (Red)


Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini