-->

Iklan

Midi Terpilih Jadi Ketua FPRB Kecamatan Cikarang Pusat.

Rabu, 12 Oktober 2022, Oktober 12, 2022 WIB Last Updated 2022-10-20T04:30:39Z


 B1, Kabupaten Bekasi - Midi Abdul Majid terpilih menjadi Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kecamatan Cikarang Pusat, yang dibentuk oleh Forum PRB Kabupaten Bekasi, yang dilaksanakan di aula Kecamatan Cikarang Pusat, pada Senin (10/10/2022). Kegiatan tersebut dihadiri, Camat Cikarang Pusat, Kasi Trantib, Kepala Desa se Kecamatan Cikarang Pusat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, ormas dan lembaga lainnya, Karang Taruna serta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.


Ketua FPRB Kabupaten Bekasi, Tuty Nurcholifah Yasin yang akrab disapa Tuty Yasin menuturkan, dibentuknya FPRB ini, sudah di atur dalam Undang-Undang 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana. Maka dibentuklah FPRB di Kabupaten Bekasi di 23 Kecamatan. FPRB ini fokus dalam pengurangan resiko bencana, atau pra bencana bukan pasca bencana.


"Insya Alloh FPRB Senin ini sudah terbentuk di 23 Kecamatan, dan Perlu diketahui bersama, bahwa FPRB ini adalah mitra Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi dan para pengurus yang tergabung di FPRB yaitu perwakilan dari stakeholder," tutur Tuti Yasin.


Tuty Yasin juga menyampaikan, FPRB Kecamatan Cikarang Pusat ini dibentuk dengan tujuan ketika nanti terjadi bencana alam, para pengurus sudah siap siaga baik edukasi untuk masyarakat dan atau sarananya.


"Jika pengurus FPRB di 23 Kecamatan telah tebentuk, kemudian dilanjutkan pembentukan kepengurusannya ditingkat Desa dan Kelurahan," terangnya.


Nantinya Sambung Tuty, Para Pengurus FPRB tingkat Kecamatan ini akan memiliki tujuh bidang sesuai bidangnya dan nanti para pengurus tersebut akan menentukan titik-titik penting itu.


Dalam hal ini menurut Tuty Yasin, program yang sudah di buat dalam beberapa program kerja tersebut, salah satunya adalah edukasi ke masyarakat, misalnya cara mengevakuasi diri di rawan bencana, agar jika terjadi bencana tidak lagi bingung, karena sudah tahu caranya.


"Bencana itu bukan hanya Bencana alam, ada bencana non alam itu juga termasuk kategori bencana. Untuk mengurangi resiko bencana itu kita mesti bersama-sama bukan hanya pengurus FPRB, tapi seluruh masyarakat berbagai elemen harus memberi kontribusi untuk mengurangi resikonya ," jelasnya.


Plt Camat Cikarang Pusat Drs. Iman Santoso, menegaskan, pihak kecamatan siap mendukung dan dalam pembentukan pengurus FPRB sebagai fasilitator, dan Camat nantinya sebagai Pembinanya FPRB tingkat kecamatan.


"Alhamdulillah ada organisasi sosial yang telah terbentuk di wilayah kecamatan Cikarang Pusat, saya ucapkan selamat kepada pengurus, semoga bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat Cikarang Pusat," ucapnya.


Ditempat yang sama Ketua FPRB Kecamatan Cikarang Pusat terpilih Midi Abdul Majid menjelaskan, dirinya tidak menyangka akan terpilih menjadi Ketua FPRB Kecamatan Cikarang Pusat, dan selanjutnya akan melakukan penyusunan kepengurusan. Tapi ini jelas amanah yang harus diemban, dan tentu saja dalam melaksanakan tugas tidak bisa bekerja sendirian, karena ini merupakan organisasi, yang didalam atau kepengurusannya adalah orang-orang terpilih, dan organisasi ini adalah organisasi sosial untuk membantu masyarakat baik dalam bencana alam maupun bencana non alam.


"Semoga selalu terjaganya kekompakan, kerjasama yang baik, komunikasi, hingga organisasi ini selalu hadir ditengah masyarakat Cikarang Pusat yang siap membantu dengan sukarela, karena Cikarang Pusat masuk dalam wilayah rawan bencana, dan insya Alloh FPRB sebagai organisasi sosial ini mendapatkan ridho dari Alloh SWT," pungkasnya. (Mnh/agsn)


Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini