-->

Iklan

Camat Bojongmangu Mendukung Kelompok Tani Karang Indah Kembangkan Budidaya Padi Merah untuk Dongkrak Perekonomian Petani

Rabu, 11 Januari 2023, Januari 11, 2023 WIB Last Updated 2023-01-11T13:52:37Z

 

Foto : Camat Bojongmangu H Agung Suganda yang didampingi Sekcam dan Kasi PMD saat memberikan keterangan kepada awak media, usai rapat Minggon, Rabu (11/01/2023).

B1,  Kabupaten Bekasi - Padi Merah yang tengah diobservasi Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Bekasi belum lama ini, diharapkan dapat mendongkrak dan memulihkan perekonomian masyarakat khususnya para petani dengan kelompok taninya di Kampung Cibadak Desa Karang Indah, Kecamatan Bojongmangu. Hal itu dikatakan langsung Camat Bojongmangu Agung Suganda kepada awak media usai rapat Minggon, Rabu (11/01/2023).


"Ya padi merah, yang  telah dibudidayakan oleh kelompok Tani Kampung Cibadak Desa Karang Indah Kecamatan Bojongmangu itu, bisa mendongkrak perekonomian para petani, karena bukan hanya bisa menjual padinya tapi bisa menjual benihnya, jika terus dikembangkan, di wilayah Kabupaten Bekasi," ucapnya.


Agung juga mengungkapkan, Balitbangda Kabupaten Bekasi awalnya mencari jenis khusus padi yang ada di wilayah kabupaten Bekasi, di informasikan kemarin  bahwa, di Desa  Karang Indah ini, memiliki varietas padi Merah yang berjenis khusus.


"Kita masih menunggu perkembangannya seperti apa, apakah dapat dikatagorikan varietas padi Merah yang ber ciri khusus," jelasnya.


Agung juga berharap, para petani ini bisa mengembangkan, tidak hanya padi-padi dari luar, tapi justru padi lokal inilah yang menjadi potensi yang bernilai ekonomi lebih  tinggi.


"Kita dari Kecamatan akan terus mendukung dan mendorong pengembangan padi merah, mudah-mudahan jadi padi merah ciri khas Kampung Cibadak Desa Karang Kabupaten Bekasi," tuturnya.


Sementara itu Kepala Desa Karang Indah Mistar, menegaskan, dirinya mendukung sepenuhnya dengan adanya pengembangan padi merah yang ada di wilayah Kampung Cibadak Desa Karang Indah. Karena padi merah ini harganya yang tinggi lebih dari padi biasa. Tentunya dapat meningkatkan perekonomian dan tarap hidup para petani. Apalagi terus dikembangkan, bisa saja petani yang lain pun ikut menanam padi merah, bahkan bisa menyebar ke seluruh wilayah kabupaten bekasi.

 

"Ya, luas wilayah Desa Karang Indah sekitar 700 hektar dan 300 hektarnya lahan persawahan, lahan persawahannya untuk pengembangan padi merah cocok, sebab tadah hujan, di harapkan dengan pengembangan padi merah, bisa mendongkrak perekonomian masyarakat khususnya para petani, " tutupnya. (Agsn)



Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini