-->

Iklan

60 Linmas Se Kecamatan Bojongmangu diberikan Pembinaan dan Pelatihan.

Selasa, 21 Februari 2023, Februari 21, 2023 WIB Last Updated 2023-02-21T06:11:59Z

 

Foto bersama Camat dan Sekcam Bojongmangu didampingi Wakapolsek Cibarusah-Bojongmangu dan Danposramil Bojongmangu.

B1, Bekasi - Pemerintah Kecamatan Bojongmangu adakan kegiatan pembinaan terhadap 60 Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dari  enam desa, yang dialokasikan di halaman kecamatan, pada Senin (20/2/2023). Kegiatan Pembinaan tersebut agar terciptanya Sinergitas dengan TNI-Polri dan instansi vertikal di wilayah kecamatan bojongmangu.


Camat Agung Suganda mengatakan, pembinaan 60 anggota Linmas se kecamatan bojongmangu, bertepatan dengan momen yang penting di tahun 2024 ada Pilpres dan Pileg dilanjutkan dengan Pilkada, berarti tugas berat telah menanti. Karena PPK, Panwas dan PPS tahun 2023 ini telah terbentuk, bahkan saat ini telah ada petugas Panitia Pemutahiran Pemilih (Pantarlih) dan telah berkeliling dan mendatangi ke setiap rumah warga. 


"Maka peran Linmas sama pentingnya dengan TNI-POLRI yakni untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat," kata Agung kepada awak media, Senin (20/2/2023).

Foto : saat Camat Bojongmangu Agung Suganda memberikan pakaian seragam Linmas.



Sementara itu Kasi Trantib Kecamatan Bojongmangu Wawan menerangkan, kegiatan pembinaan terhadap anggota linmas ini selain untuk silaturahmi dan terjaganya kekompakan, juga untuk mengingatkan kembali tugas-tugasnya.


Satlinmas sendiri mempunyai lima tugas, 1. Membantu dalam penanggulangan bencana ; 2. Membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat ; 3. Membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan ; 4. Membantu   penanganan   ketenteraman,   ketertiban   dan   keamanan dalam penyelenggaraan pemilu ; dan 5. Membantu upaya pertahanan.


"Pembinaan dan pelatihan ini, guna meningkatkan kualitas dan kemampuannya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing," ucapnya.


Danposramil Bojongmangu PELTU Trisno Budi sebagai Instruktur Pembinaan dan Pelatihan Linmas menegaskan, bimbingan dan kepelatihan anggota linmas intinya untuk penyegaran, agar anggota linmas lebih memahami tugasnya. Sebab dengan adanya linmas pengamanan dilingkungan masyarakat lebih tepat dan cepat. Seperti saat melakukan pengamanan dilokasi hajatan, dan membantu pengamanan Pemilu, Pilkades serta keamanan lingkungan. TNI/Polri tidak bisa bekerja sendiri dalam pengamanan, tanpa di bantu oleh masyarakat yaitu Linmas.


"Saya yakin dengan Jiwa yang tertanam semangat, akan menumbuhkan rohani yang sehat di setiap anggota linmas. Disini ada bekal yang harus dibawa pulang. Jaga kewibawaan pribadi-pribadi linmas, dari mulai bersikap atau tata Krama, kerapihan pakaian dan kendalikan diri," tandasnya.


Bahkan katanya lagi, Linmas diberikan beberapa materi seperti Mental Kejuangan, Baris Berbaris, Sikap Displin Pelaporan dan Penanganan diwilayah. Anggota Linmas pun bisa sebagai cadangan dalam menangani rongrongan dari dalam maupun dari luar, untuk mengatasi Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG) bila diperlukan. 


"Sekembalinya dari sini, yang penting mental dari masing-masing anggota linmas semakin baik," tutupnya. (Agus)


Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini