-->

Iklan

Rakor Kelompok Kerja SKPD Dukung Program P2WKSS di Desa Ridogalih

Jumat, 03 Maret 2023, Maret 03, 2023 WIB Last Updated 2023-03-03T07:37:05Z

 

Foto : saat Kepala Dinas P3A yang didampingi Camat, Danramil, dan Kepala Puskesmas Cibarusah, SKPD dan Kepala Desa Ridogalih meninjau lokasi taman wisata.


B1, Bekasi – Pemerintah Kabupaten Bekasi melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam mendukung dan menunjang Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) yang lokasinya di Desa Ridogalih Kecamatan Cibarusah, sekaligus menjadi perwakilan kabupaten bekasi dalam lomba P2WKSS tingkat Provinsi Jawa Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan dihalaman Kantor Desa Ridogalih, pada Kamis (2/3/2023).

“Dari setiap program P2WKSS dari tahun ke tahun tentu ada tujuan dan hasil yang ingin dicapai. Di Kecamatan Cibarusah ini, kami ingin menurunkan angka stunting dan meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya kaum perempuan,” kata Kepala Dinas P3A Kabupaten Bekasi, Ani Gustini, usai acara Rakor Kelompok Kerja SKPD P2WKSS Tahun 2023, pada Kamis (02/03/23).

Pada rapat tersebut, pihaknya mengundang seluruh stakeholder termasuk pihak swasta, yang diharapkan bisa menyalurkan CSR-nya untuk menunjang program P2WKSS tahun 2023.

Ani juga menyampaikan, program P2WKSS juga menargetkan pemerataan pembangunan infrastruktur sebagai sendi kehidupan yang paling penting bagi masyarakat di pedesaan.

Menurutnya, dengan tersedianya infrastruktur yang memadai di lingkungan pedesaan yang ditunjang dengan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat, maka secara otomatis tujuan dari peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera tercapai sesuai sasarannya.

“Kegiatan ini akan merubah paradigma masyarakat di pedesaan agar jauh lebih berkembang, berkompeten dan berketerampilan dari program-program yang akan berjalan disini. Sehingga dengan begitu tujuan meningkatkan SDM khususnya perempuan berjalan dengan baik,” katanya.

Camat Cibarusah Muhamad Kurnaepi menambahkan, pihaknya mendukung penuh kegiatan program P2WKSS di Desa Ridogalih. Beberapa pembangunan infrastruktur juga sudah mulai dilakukan dalam persiapannya.

“Ya, kita mendukung penuh kegiatan P2WKSS ini, baik dari pemerintah desa, kecamatan hingga kabupaten bersama-sama bersinergi. Kita sudah mengecek ke lapangan dalam persiapan yang dilakukan diantaranya, pembangunan badan jalan yang sudah diratakan, dan fasilitator juga sudah beberapa kali mengunjungi desa melakukan pembinaan kepada warga yang akan menjadi kader,” ujarnya.

Lanjut Kurnaepi, terkait lokasi program P2WKSS kali ini secara strategis adalah merupakan wilayah pertanian. Oleh sebab itu dukungan dari semua SKPD dan CSR perusahaan akan membantu keberhasilan program ini.

“Konsepnya nanti di sana ada berbagai macam fasilitas seperti taman baca, kolam ikan, tempat berkumpul ramah anak, juga BUMDes dan UMKM. Termasuk juga kalau kita lihat di realisasi pembangunan tahun ini perbaikan sarana dan prasarana juga sudah mengarah ke sana,” terangnya.

Kepala Desa Ridogalih Komarudin menerangkan, setelah Desa Ridogalih ditunjuk sebagai lokasi P2WKSS, tentunya masyarakat sangat bangga, dan tetap semangat menerima program ini. Apalagi dalam program ini perempuan dan anak pun diberikan perhatian, bahkan di bangunnya taman wisata yang didalamnya ada sarana dan prasarana seperti taman baca, taman bermain, tempat berkumpul ramah anak, kolam ikan, dan lainnya. Jika ini terwujud dan menjadi tempat wisata tentu akan berdampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat di Desa Ridogalih. 

“Saya berharap program P2WKSS ini bisa bermanfaat dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat desa ridogalih,” tutupnya. (Agus)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini