-->

Iklan

Bangun Sinergitas, Pemdes dan BPD Kecamatan Cibarusah Gelar Bintek Peningkatan Kapasitas.

Sabtu, 06 Mei 2023, Mei 06, 2023 WIB Last Updated 2023-05-05T23:54:52Z


Foto bersama Ketua F-BPD Kecamatan Cibarusah, Kepala DPMD, Camat Cibarusah, Koordinator Pelaksana Kegiatan Bintek, Ketua F-BPD Kabupaten Bekasi usai acara pembukaan Bintek, di Hotel Sangga Buana Resort Cipanas Cianjur, pada Jum'at (5/05/2023).


B1, Bekasi - Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Cibarusah menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bintek) peningkatan kapasitas Aparatur Desa dan Anggota BPD Tahun 2023, dengan tujuan untuk membangun Sinergitas antara Pemdes dan BPD. Kegiatan Bintek tersebut dilaksanakan di Hotel Sangga Buana Resort Cipanas Cianjur selama tiga hari dari Jum'at sampai Minggu, 5 sampai 7 Mei 2023, dan dikelola PT Satya Bhuana Wisata sebagai Event Organizer (EO).


Sekretaris Desa Sirnajati sebagai Koordinator Pelaksana Kegiatan Bintek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemdes dan BPD se Kecamatan Cibarusah Sahrudin, SP.d, menjelaskan, kegiatan Bintek ini diikuti oleh 121 orang peserta gabungan dari perangkat desa dan BPD. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 5 sampai 7 Mei 2023, dilaksanakan di Hotel Sangga Buana Resort Cipanas Cianjur, dengan tema "Membangun Sinergitas Aparatur Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Publik di Kecamatan Cibarusah". 

Foto : 121 peserta Bintek dari perangkat desa dan BPD se Kecamatan Cibarusah.


Terkait materi-materi yang akan diberikan di Bintek Sahrudin berharap, agar para peserta bisa mengikuti dengan sungguh-sungguh sampai kegiatan berakhir, sehingga dapat memahami  kapasitas dan fungsi sebagai anggota BPD dan perangkat desa.


"Adapun narasumber yang akan mengisi Bintek diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) Kabupaten Bekasi, Inspektorat dan Ketua Forum BPD Kabupaten Bekasi," ungkapnya.


Ditempat yang sama Kepala Dinas PMD Kabupaten Bekasi Rahmat Atong menuturkan, ia mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan Bintek Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa dan BPD se Kecamatan Cibarusah ini. Tentu saja kegiatan seperti ini patut menjadi contoh bagi desa-desa dan Kecamatan lainnya di Kabupaten Bekasi. Sebab kehadiran gabungan antara BPD dan perangkat desa ini jarang dilakukan, hanya baru di Kecamatan Cibarusah yang malam ini melaksanakannya. 


"Bagi saya dan pak camat, gabungan kegiatan Bintek ini jadi anugerah, karena diluaran sana banyak mendengar, bahwa di desa-desa lainnya, kurang sinerginya antara perangkat desa, kades dengan BPDnya, namun hari ini ditunjukkan kepada kita semua, bahwa BPD dan perangkat desa di kecamatan Cibarusah itu ternyata harmonis dan sinergi, mudah-mudahan ke depan terus beriringan, hingga pak camatnya lebih mudah untuk mendorong pembangunannya bahkan bisa lebih efektif," ujar Atong.


Semantara itu Camat Cibarusah Rusdi Aziz yang langsung membuka acara Bintek tersebut menyampaikan, tentunya senada yang disampaikan oleh Pak Kadis PMD, dirinya hanya menambahkan saja. Untuk membangun sinergitas antara BPD dan Pemdes. Tentunya harus ada usaha untuk selalu membangun kekompakan dan kebersamaan. Seperti dalam forum kita mencoba membuat kegiatan rapat-rapat antara BPD dengan perangkat desa untuk membahas suatu permasalahan ataupun untuk membangun sesuatu potensi yang akan bisa dimunculkan di desa tersebut.

"Insya Alloh dengan adanya kerja keras seperti itu kemudian ada kemitraan antara BPD dengan perangkat desa dan kepala desa khususnya, tentunya akan lebih sehat lagi, jadi tidak ada lagi nantinya bahasa antara BPD dengan perangkat desa itu seperti air dengan minyak," harapnya. (Agoes/Manah)


Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini