-->

Iklan

Empat Lokasi yang Berpotensi Menjadi Wisata Unggulan di Kecamatan Bojongmangu.

Minggu, 04 Juni 2023, Juni 04, 2023 WIB Last Updated 2023-06-07T06:15:26Z

 



B1, Bojongmangu - Destinasi wisata alam memang akan selalu terasa menyenangkan seperti yang ada di wilayah kecamatan Bojongmangu kabupaten Bekasi.

Salah satu spot menarik yang berada di Bojongmangu tersebut akan menyegarkan mata dan membuat pengunjung seakan tak mau beranjak.


Bicara tetang kecamatan Bojongmangu tentunya sudah tak asing lagi,  wilayah yang berada di kabupaten Bekasi yang berbatasan langsung dengan kabupaten Karawang dan kabupaten Bogor.


Kecamatan Bojongmangu juga merupakan wilayah tertinggi di kabupaten Bekasi yang letaknya di bukit Pasir Puntang desa Bojongmangu kecamatan kabupaten Bekasi.


Bojongmangu juga berpotensi memiliki destilasi wisata lokal yang tak jauh menarik dengan wahana wisata ternama di wilayah lain, cuman tinggal penataan dan perhatian serius dari dinas pariwisata kabupaten Bekasi.


Ada Empat lokasi yang sangat berpotensi menjadi wisata unggulan yang ada di kecamatan Bojongmangu.


1. Pasir Puntang



Pasir Puntang merupakan bukit tertinggi di kabupaten Bekasi dengan ketinggian 405 feet atau sekitar 135 meter di atas permukaan laut, di sana juga tumbuh subur pohon jati yang menjulang tinggi yang menambah indahnya lokasi tersebut, dan di sana juga terdapat salah satu situs bersejarah yang sering di sebut oleh warga sekitar bernama fatilasan Bah Puntang, jika berada di sana terlihat jelas gunung sangga buana yang terletak di Karawang bagian selatan. Lokasi pasir puntang berada di wilayah desa Bojongmangu kecamatan Bojongmangu, namun di sayangkan lokasi yang indah dan sangat berpotensi dijadikan tempat wisata alam di biarkan tak terurus, bahkan sudah mulai terkikis oleh pertambangan salah satu perusahaan yang tak jauh berada di lokasi tersebut.


2. Bumi Perkemahan Karang Kitri



Bumi perkemahan karang kitri merupakan Kantor Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Bekasi, yang berada di wilayah desa Karangmulya kecamatan Bojongmangu, bumi perkemahan ini di atas lahan luas mencapai 40 hektar.

Berdasarkan informasi, bumi perkemahan tersebut adalah tempat camping terbesar yang ada di daerah Bekasi, dengan lokasi yang luas dan bermacam tumbuhan pohon di kawasan tersebut yang membuat nyaman dan betah berada di sana, dan tempat tersebut juga menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk berkunjung ke lokasi tersebut. Ada yang sekedar mampir menikmati indahnya alam dikawasan sekitar dan tak sedikit juga melakukan cemping bersama komunitasnya, karena lokasi tersebut di buka juga untuk umum. Tapi walaupun sudah banyak dikenal masyarakat umum, penataan lokasi tersebut kurang maksimal, padahal jika di kelola dan di tata dengan baik bukan tidak mungkin pengunjung akan semakin banyak dan meningkatkan perekonomian masyarakat yang berada di sekitar Buper karang kitri.


3. Situ Abidin Karangmulya 



Situ Abidin berada di Kampung Bedeng Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu Kabupaten Bekasi, lokasinya tepat di pinggir jalan utama depan Kantor Desa Karangmulya. Nama Situ Abidin sudah tidak asing lagi bagi warga Kabupaten Bekasi. Situ Abidin adalah sebuah danau cantik seluas 11 hektar dimana terdapat pulau di tengahnya. Di pulau tersebut ada beberapa makam yang di percaya warga sekitar merupakan tokoh pejuang serta penyebar agama Islam. Lokasi tersebut digandang-gandang akan di jadikan destinasi wisata unggulan di kabupaten Bekasi, namun hingga kini pembangunan belum di realisasi, padahal warga sekitar sangat berharap sekali lokasi tersebut benar-benar menjadi destinasi wisata unggulan, yang tentunya secara sistematis perekonomian di desa tersebut akan terangkat dan masyarakat sekitar bisa lebih sejahtera.


4. Situ Rawa Bedeng Medalkrisna 


Keindahan pesona Rawa Bedeng menjadi daya tarik yang harus di jaga kelestariannya, sumber air dari Rawa Bedeng pun menjadi satu-satunya hinga saat ini yang airnya masih di manfaatkan oleh Masyarakat setempat dan sekitarnya.

Berlokasi di Kampung Bedeng, Desa Medal Krisna, Kecamatan Bojong Mangu, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Dengan luas sekitar 7,7 hektar, Rawa Bedeng masuk dalam pengawasan Pemkab Bekasi dan di bawah naungan Kementrian Pekerjaan Umum dan pengawasannya oleh BBWSCC (Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung – Cisadane. Menurut kepala desa Medalkrisna H. Samid, tak lama lagi situ Bedeng Medalkrisna akan di bangun dan di tata, dan dirinya juga berharap dengan di tata dengan baik, lokasi situ rawa Bedeng bisa jadi destinasi wisata favorit warga kecamatan Bojongmangu dan tentunya para wisatawan luar pun secara berlahan akan berdatangan, di tambah sekarang ini jamannya media sosial (medsos) tentunya akan lebih cepat di kenal.  (Ayonk)


Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini