-->

Iklan

Wisata Sejuta Cahaya, Bukti Kreatifitas Warga Kandang Dalam HUT RI ke-78

Jumat, 04 Agustus 2023, Agustus 04, 2023 WIB Last Updated 2023-08-04T14:11:28Z


B1, Pemalang - Berbagai cara unik dilakukan masyarakat untuk memeriahman Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Desa Kandang, Kecamatan Coma, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dengan menyalakan jutaan lampu secara serentak, Jumat (04/08/23).


Jutaan bola lampu hias dipasang dengan membentuk setengah lingkaran di sepanjang jalan desa, hingga menyerupai terowongan dengan sejuta cahaya. Seperti yang dijelaskan Asrori (56), kerua RT 20/04 sekaligus salah satu penggerak kemeriahan sejuta cahaya.


"kemeriahan ini keinginan dari masyarakat,  karena masyarakat melihat lampu-lampu yang kerlap kerlip yang menyala dan terlihat bagus", ungkap Asrori. 


Kemeriahan sejuta  cahaya merupakan inisiatif serta kreatifitas dari  masyarakat dalam memeriahkan HUT RI ke 78. Bahkan masyarakat rela menggelontorkan uang pribadinya mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah demi kemeriahan sejuta cahaya. 


"sekitar 80% masyarakat . seperti pada rt saya rt 20 yang memasang hingga   38 titik, dan satu titiknya memakan anggaran 150 ribu dan itu  semua dengan biaya swadaya masyarakat sendiri", tambah Asrori.


Masyarakat desa kandang optimis, kemeriahan sejuta cahaya bisa menjadi wisata lokal khususnya malam hari. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya masyarakat luar desa yang datang hanya sekedar swafoto (selfie). 


"angat bisa, karena antusias dari masyarakat luar desa sangat luar biasa, dengan melihat banyaknya masyarakat yang keluar masukhanya untuk melihat sejuta cahaya  dimulai dari pukul 19.30 sampai 22.00 ", tambah Asrori.


Masyarakat meminta adanya support anggaran dari pemerintah desa dalam kemeriahan ini agar terwujud  menjadi desa wisata terutama pada malam hari.


"kalau bisa pemerintah desa membantu menganggarkan 50% dana untuk kegiatan ini untuk meringankan masyarakat", pungkas nya. (Sgt)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini