-->

Iklan

KNPI Kabupaten Bekasi Audensi dengan Bawaslu Tentang Pemilu 2024

Selasa, 23 Januari 2024, Januari 23, 2024 WIB Last Updated 2024-01-23T14:59:39Z




B1, BEKASI - Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia, (KNPI), Kabupaten Bekasi, audiensi ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Kabupaten Bekasi Selasa (23/1/2024).


Nawawi Al-Aksi ketua DPD KNPI kabupaten Bekasi, menjelaskan, audiensi dan silaturahmi KNPI ke KPU dan Bawaslu, untuk membahas peran pemuda, baik sebagai pemilih pemula maupun menjadi penyelenggara pada pemilu serentak tahun 2024.


“Penting bagi kami (pemuda) mendapatkan peran penting di Pemilu serentak 2024 nanti, karena dalam keikutsertaan pemuda itu bisa sebagai pemilih pemula, pengawasan, penyelenggara bahkan sebagai kontestan Pemilu,” katanya


“Kami tahu DPD KNPI Kabupaten Bekasi merupakan gabungan dari organisasi kepemudaan Kabupaten Bekasi, kami berharap bahwa dengan ada silaturahmi ini yang pasti diikuti secara otomatis oleh organisasi lain. Jika KNPI juga mampu menggerakkan anggota-anggotanya yang nota bene adalah berbagai unsur kepemudaan kenapa tidak dengan tujuan dan harapan yang sama dengan KPU untuk mensukseskan Pemilu serentak,” kata dia.


“Untuk proses tahapan pemilu nanti, kami akan lebih banyak melibatkan unusr generasi muda, karena didalam regulasi kepemiluan generasi muda ini mendapatkan porsi dan perhatian yang sangat luar biasa, salah satu adalah pemilih pemula atau pilih baru,” kata dia.


“Kami sangat berharap para pemuda dalam hal ini di wadahi oleh KNPI dapat menyemaikan kepada seluruh pemuda Kabupaten Bekasi untuk mereka yang siapa dan mau terlibat dalam proses pemilu, dengan menjadi penyelenggara di berbagai lini dan tingkatan. Untuk kuota pemuda besar harapan kami semuanya di isi oleh generasi muda,” terangnya.


Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Akbar Kadhafi mengatakan siap bersinergi dengan KNPI, kedepan Bawaslu dengn KNPI akan melakukan kegiatan kegiatan yang positif, dalam rangka mensukseskan pengawasan partisipatif di pemilu 2024 nanti.


“Peran pemuda, di Bawaslu masuk dalam stakeholder yang selama ini tentunya menjadi konsen di Bawaslu, salah satunya menyangkut pemilih pemula dan penyelanggara pemilu, karena peran itu sendiri melekat sebagai penyelenggara pemilu, karena sebagai pemilih pemula hampir 30 persen,” kata dia.


“Untuk dipenyelengga peran pemuda sepenjang persyaratan bisa terpenuhi menurut undang-undang silahkan saja menjadi penyelenggara pemilu, tentunya kami membuka ruang itu baik ditingkat eddhok, Pengawas Kecamatan, Desa maupun di TPS,” sambungnya.


"peran KNPI bisa memudahkan Bawaslu baik dalam pengawasan atau yang lainnya. Karena banyak Organisasi Kepemudaan (OKP) dibawah naungan KNPI.


“KNPI sendiri memiliki peran penting karena membawahi OKP yang tergabung di KNPI, tentunya juga makin mempermudah kami, karena banyak OKP di Kabupaten Bekasi jadi kami cukup lewat KNPI dan KNPI yang akan meneruskan itu ke OKP,” tandasnya. (Sgt)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini